Ini Lho Perbedaan Perayaan Valentine Di China, Beda Dengan Perayaan Pada Umumnya

celebrate china’s valentine’s dayDi china perayaan hari valentine day berbeda dengan perayaan valentine day di negara lain. Di negara ini lebih dikenal dengan festival Qixi yang jatuh oada hari ketujuh dari bulan ketujuh dari kalender lunar. Perbedaan celebrate china’s valentine’s day ini berbeda dari hal sejarah sampai dengan perayaannya.

Sejarah vestifal Qixi

Seperti kebanyakan festival tradisional di china, ada sebuah legenda yang setara dengan hari valentaine yang dikenal sebagai festival Qixi dengan sejarah panjang yang berasal dari hubungan cinta buruk antara seorang gembala sapid an dewi selama dinasti Han Dinasti (206 SM- 220 SM). Legenda tersebut menceritakan bahwa pernah ada seorang gembala muda dengan Niulang yang menyelematkan sapi ketika sakit. Sebagai imbalannya, sapi tersebut mengenalkan dengan peri penenun bernama Zhinu yang merupakan putri dari dewi surga.

Singkat cerita, antara Niulang dan Zhinu saling mencintai dan akhirnya mereka hidup bersama dan mempunyai anak. Akan tetapi suatu hari sang dewi surge mengetahui bahwa zhinu sudah menikah yang akhirnya membuatnya membawa zhinu kembali ke surge. Mengetahui hal tersebut, akhirnya Niulang sangat kecewa karena istrinya dibawa kembali ke surga. Mendengar berita tersebut, lembu gembalaan niulang mengundangnya untuk membuhnya dan mengenakan kulitnya maka niulang akan neik ke surge untuk menemukan istrinya. Tepat sebelum ia dapat mencapai zhinu, dewi surge menciptakan sungai yang saat ini dikenal sebagai galaksi bima sakti. Melihat hal tersebut juga menggerakan para gagak di bumi untuk membantu niulang, mereka membuat jembatan di atas sungai sehingga niulang dan zhinu dapat bertemu. Melihat cinta diantara mereka, sang dewi surge juga digerakkan olehnya karenanya dia memungkinkan mereka mengadakan pertemuan di jembatan murai pada hariitu setiap tahun. Hari ketujuh di bulan ke tujuh itu sekarang dikenal sebagai valentine day di China.

Perayaan yang berbeda

Perayaan Qixi di china berbeda dengan perayaan valentine day di negara lain. Di perayaan ini pasangan di china meyarakannya dengan pergi makan malam dan menukarkan bunga dan kartu. Selain itu orang china juga terbiasa mengamati adat istiadat tradisional untuk festival qixi. Diantaranya adalah para wanita menunjukkan ketrampilan ketangkasan mereka dengan cepat memasukkan jarum dibawah sinar rembulan. Disini wanita muda juga mengukir bunga, binatang dan burung yang tidak biasa.

Adat istiadat lainnya di celebrate china’s valentine’s dayadalah wanita yang menyembah Zhinnu dengan menyiapkan meja persembahan yang berisi the, anggur, buah – buahan, kurma, azelnut, kacang dan biji melon. Pada malam hari para wanita tersebut duduk mengelilingi meja, memamerkan jahitan mereka dan memanjatkan do’a – do’a yang baik untuk suami mereka.

Saat ini perayaan Qixi kurang lebih sama dengan perayaan valentine day pada umumnya dengan makanan, coklat dan bunga. Akan tetapi tidak semua orang yang berminat untuk merayakan cinta di china sehingga celebrate china’s valentaine’s day saat ini sangat sepi.

Related Posts