Fakta Menarik Susu Terbaik Untuk Anak 3 Tahun

Fakta Menarik Susu Terbaik Untuk Anak 3 Tahun

Setelah bayi diberi ASI selama 2 tahun, Bunda dapat memberi mereka susu terbaik untuk anak 3 tahun. Susu formula yang dijual di pasaran memang sangat identik dengan susu pertumbuhan yang diperlukan anak.

Pilihan susu di pasaran juga sangat banyak dan tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak masing-masing. Agar Bunda dapat memberi susu pertumbuhan yang paling tepat, tentunya perlu memperhatikan banyak hal.

Ingat, susu yang nanti dipilih akan diberikan kepada anak. Sehingga kandungan didalamnya perlu diperhatikan dengan baik. Agar tahu susu terbaik untuk anak usia 3 tahun, silahkan simak beberapa fakta menarik berikut :

1. Susu terbaik itu seperti apa

Di pasaran, susu pertumbuhan anak sangat banyak. Namun apakah Bunda tahu seperti apa susu pertumbuhan yang bagus dan baik untuk anak itu seperti apa?

Ternyata, sebelum membeli susu, Bunda perlu mencari tahu kandungan yang tersimpan di dalam susu tersebut terlebih dahulu. Susu pertumbuhan yang baik adalah susu dengan kandungan nutrisi yang diperlukan anak.

Dengan memberi susu pertumbuhan yang punya nutrisi terbaik, kecerdasan anak dan daya tahan tubuh anak menjadi terjaga dengan baik. Tenang karena semua produk susu sudah disematkan komposisi sehingga tidak akan menyulitkan Bunda.

2. Harus kaya protein

Sebelum membeli susu untuk pertumbuhan anak, terlebih dahulu dicek kandungannya. Bunda harus memastikan bahwa susu pertumbuhan tersebut punya kandungan cukup protein yang diperlukan anak.

Untuk tahu berapa takaran yang diperlukan anak, Bunda dapat mengecek tabel rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berikut :

  • 9 gram untuk bayi yang berusia 0 hingga 6 bulan
  • 15 gr untuk bayi yang berusia 7 hingga 11 bulan
  • 20 gr untuk anak yang berusia 1 hingga 3 tahun
  • 25 gr untuk anak yang berusia 4 hingga 6 tahun
  • 40 gr untuk anak yang berusia 7 hingga 9 tahun

3. Cek juga zat besi dan kalsium di dalam susu

Zat besi dibutuhkan anak agar mereka dapat tumbuh dengan baik. Berdasarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak yang berusia 6 hingga 12 bulan perlu setidaknya 11 mg zat besi setiap hari. Sedangkan anak berusia 1 hingga 3 tahun membutuhkan 7 mg zat besi setiap harinya.

Ingat, kekurangan zat besi dapat memicu berbagai masalah yang buruk bagi kesehatan anak. Diantaranya seperti masalah anemia hingga kurang optimalnya perkembangan dan kecerdasan pada anak.

Tak hanya zat besi, pastikan susu pertumbuhan yang dipilih punya kandungan kalsium yang memenuhi kebutuhan anak. Kalsium digunakan untuk membentuk dan menjaga kekuatan gigi dan juga tulang pada anak.

Sekarang, Anda sudah tahu seputar susu terbaik untuk anak 3 tahun. Untungnya saat ini banyak susu formula yang dapat kamu pilih sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi anak masing-masing.

Related Posts