Contoh Laporan Keuangan Neraca

Neraca adalah kumpulan laporan keuangan tahunan yang berisi informasi tentang aset, akun ekuitas, dan kewajiban perusahaan pada periode tertentu. Contoh laporan keuangan neraca dapat ditulis dalam bentuk vertikal dan horizontal.

Pentingnya Laporan Neraca

Nilai ekuitas di neraca adalah jumlah yang ditunjukkan pada laporan perubahan ekuitas yang nantinya akan diseimbangkan pada laporan laba rugi untuk melihat keuntungan yang didapatkan perusahaan. Jika perusahaan tidak memiliki saham, seluruh manajemen perusahaan gagal.

Laporan keuangan memberikan informasi yang akan sangat membantu para pemangku kepentingan seperti pemegang saham, kreditur, dan pemerintah ketika membuat keputusan kebijakan di masa depan.

Neraca juga membantu Anda mengetahui apakah keuangan perusahaan baik-baik saja. Laporan keuangan juga dapat digunakan sebagai alat untuk meramalkan laporan keuangan masa depan dan menganalisis likuiditas dan aset keuangan perusahaan. Untuk memahaminya bisa melihat contoh laporan keuangan.

Komponen Dalam Neraca

  1. Aktiva

Aktiva adalah perangkat yang ada di perusahaan yang disimpan dengan hargapan dapat memberikan nilai di masa depan seperti tanah, mobil, bangunan, dll. Aktiva atau aset terbagi menjadi aset lancar dan aset tetap. Aset lancar adalah aset yang dapat dilikuidasi dengan relatif cepat, atau aset yang dapat menghasilkan pengembalian dalam waktu kurang dari setahun. Di sisi lain, aset tetap adalah aset yang mendatangkan keuntungan jangka panjang.

  1. Kewajiban

Utang atau debt terdiri dari utang jangka pendek dan jangka panjang. Utang jangka panjang adalah utang yang jatuh tempo di atas satu tahun sedangkan utang jangka pendek adalah utang yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun. Utang jangka pendek misalnya utang dagang, utang gaji, utang bank, dll sedangkan utang jangka panjang misalnya obligasi.

  1. Modal

Modal adalah hak yang dimiliki oleh perusahaan. Jika pemilik mendapatkan keuntungan dengan berinvestasi dalam bisnis, modal perusahaan dapat terus tumbuh. Namun, jika investor menarik modal atau perusahaan mengalami kerugian, modal juga dapat berkurang.

Ada banyak contoh laporan keuangan yang bisa dilihat untuk memehami aktiva, kewajiba, dan aset dalam laporan neraca. Untuk pembuatan laporan keuangan yang lengkap, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Moodah untuk membantu mencatat semua transaksi dengan mudah termasuk pengelolaan utang piutang.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *