Cara Penulisan Daftar Pustaka Untuk Skripsi

Cara Penulisan Daftar Pustaka Untuk SkripsiIstilah skripsi tentu saja bukan menjadi istilah yang asing terutama pada kalangan mahasiswa dan dosen. Skripsi bisa dikatakan karya tulis ilmiah yang memuat data-data penelitian mahasiswa. Karya tulis tersebut merupakan tugas akhir mahasiswa yang harus diselesaikan. Adapun dalam penyusunannya tentu memiliki aturan-aturan agar skripsi layak diterima dan dipahami.

Dalam menyusun skripsi, Anda wajib memahami beberapa unsur yang harus ada. Bagian pembuka, isi dan bagian penutup skripsi merupakan poin penting yang menjadi perhatian. Ketika Anda berhasil menyusun bagian awal dan isi, maka sangat perlu untuk fokus mengerjakan bagian penutup atau akhir. Pada bagian akhir skripsi terdapat daftar pustaka, lampiran dan kerap diisi dengan biodata penulis. Untuk daftar pustaka sendiri, masih banyak yang kebingungan cara penulisan daftar pustaka.

Daftar pustaka merupakan keterangan akhir yang menjelaskan tentang sumber ilmu atau teori yang dipakai oleh penulis. Biasanya daftar pustaka terdapat pada jenis tulisan ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis, atau beberapa laporan penting. Letak daftar pustaka sendiri berada pada halaman belakang karya tulis. Dan cara penulisannya tidak bisa sembarangan. Anda perlu mempelajari cara-caranya seperti berikut.

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang pertama adalah memasukkan nama penulis. Nama penulis ini merupakan nama penulis dari referensi teori atau data yang Anda ambil. Baik dari buku cetak ataupun dari internet. Yang kedua adalah dengan memasukkan tahun terbit. Anda perlu memperhatikan tahun terbit dari literatur yang digunakan. Jika literaturnya berasal dari internet, maka Anda hanya perlu mencantumkan tahun penayangannya saja.

Penulisan daftar pustaka juga wajib mencatumkan judul buku. Judul buku menjadi poin penting meski letaknya berada di tengah. Setelah itu, Anda bisa memasukkan kota terbit beserta nama penerbitnya. Tentu saja ini sangat memudahkan jika pembaca ingin mendapatkan sumber tulisan yang asli.

Adapun cara penyusunan unsur daftar pustaka di atas dilakukan secara berurut dengan jeda masing-masing menggunakan tanda titik. Hal lain yang perlu Anda pelajari adalah aturan-aturan ketika hendak menuliskan daftar pustaka yang benar.

Related Posts