Berikut Pilihan Makanan untuk Kucing Umur 2 Bulan yang Bisa Anda Berikan

Memiliki anak kucing kecil di rumah memang terasa mengasyikkan. Wajahnya yang imut dan kelakuannya yang lucu membuat Anda sangat suka. Dalam hal ini, makanan untuk kucing umur 2 bulan ke bawah adalah air susu induknya. Air susu tersebut merupakan asupan nutrisi utama baginya.

Namun pada usia ini, sebenarnya si meong kecil sudah bisa diberi makanan pendamping di samping air susu sebagai makanan utamanya. Lalu apa kira-kira makanan yang cocok untuk kitten berusia 2 bulan? Berikut ini ulasannya.

  1. Usia 4 Minggu (1 Bulan) Sampai 7 atau 8 Minggu

Ketika usianya memasuki minggu ke-4 atau genap 1 bulan, kitten sudah mulai bisa diberi makanan pendamping yang lembut sehingga mudah dikunyah. Dalam hal ini, Anda bisa memilih makanan basah atau makanan kering yang sudah dilembutkan dengan air.

Pemberian makanan lembut seperti itu karena melihat pertumbuhan giginya yang masih belum cukup kuat untuk mengunyah makanan kering. Selain itu, makanan tersebut dianggap sebagai makanan pendamping karena anak kucing masih bergantung pada air susu induknya sampai kira-kira berumur 2 bulan.

  1. Memasuki Usia 2 Bulan

Memasuki usia 7 atau 8 minggu, si kitten sudah memiliki gigi yang cukup kuat untuk mengunyah makanannya. Dalam fase ini, Anda sudah bisa memberikan pakan kering tanpa perlu dilunakkan dengan air terlebih dahulu. Meski demikian, pastikan pakan apa pun, baik lembut maupun kering, yang diberikan pada kucing masih dalam keadaan segar.

Di samping itu, pada usia ini sebaiknya si kitten juga mulai dibantu untuk makan bersama induknya, yakni ikut memakan makanan yang dimakan induknya.

Hal ini bertujuan agar si kucing kecil dapat mencari makanannya sendiri ketika telah disapih nantinya. Selain itu, proses ini juga bermanfaat untuk melatih si kitten agar tidak stres karena makan sendiri.

  1. Kandungan Nutrisi

Baik untuk usia 1 atau 2 bulan, pakan yang akan diberikan pada kucing sebaiknya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mendukung dan membantu proses pertumbuhannya.

Idealnya terdapat kandungan berupa protein tinggi, DHA, serat, dan antioksidan. Zat-zat tersebut sangat penting untuk pertumbuhan otak, tulang, gigi, dan pencernaannya. Di samping itu, perhatikan juga kandungan vitamin C dan E di dalamnya. Kedua vitamin ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh si kucing, terutama supaya tidak mudah sakit.

  1. Pro Plan Wet Kitten

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih Pro Plan Wet Kitten untuk kucing berusia 2 bulan. Makanan ini bahkan sudah bisa diberikan sejak usianya baru 1 bulan karena berupa makanan basah. Selain itu, kandungan nutrisinya yang lengkap dapat memenuhi kebutuhan pertumbuhan si kucing.

Demikianlah pilihan makanan untuk kucing umur 2 bulan yang bisa Anda berikan. Pada usia ini, kucing membutuhkan makanan yang kaya akan nutrisi tertentu. Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut, di antaranya, dengan Pro Plan Wet Kitten.

Related Posts