Berapa Lama Masa Menstruasi yang Normal? Ini Jawabannya

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Namun, biasanya masa menstruasi akan muncul setiap 4 minggu dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Menstruasi terjadi saat ovarium melepaskan sel telur dan menempel di dinding rahim untuk menantikan dibuahi sperma.

Selama beberapa waktu ketika menunggu, jaringan pada dinding rahim akan menebal. Jika sel telur ini tidak mengalami pembuahan oleh sperma, maka dinding rahim ini kemudian akan meluruh dan menstruasi terjadi. Hingga pada akhirnya, pendarahan terjadi dan keluar melalui vagina.

Berapa Lama Menstruasi yang Normal

Meskipun setiap wanita mempunyai lama yang berbeda-beda, namun menstruasi yang normal akan terjadi sekitar 22—35 hari atau rata-rata 28 hari. Jadi, selama masih berada dalam rentang waktu tersebut, bias dikatakan menstruasi masih normal. Sementara itu, rentang berlangsungnya menstruasi adalah sekitar 3 hingga 7 hari.

Saat menstruasi ada istilah yang disebut dengan masa ovulasi. Ovulasi merupakan momen saat indung telur melepaskan sel telur. Masa ovulasi dalam siklus menstruasi yang normal akan datang di hari ke-14, yakni tepat pertengahan siklus. Masa ini juga kerap disebut dengan masa subur, yaitu saat sel telur sudah siap untuk dibuahi.

Mengetahui Kenormalan pada Menstruasi

  1. Mengetahui masa haid

Wanita yang normal akan mengalami haid selama 3—7 hari. Perbedaan waktu ini biasanya tergantung dari banyaknya darah yang keluar. Semakin cepat waktunya, artinya semakin banyak darah yang keluar. Jika haid tidak kunjung berakhir, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan, antara lain penyakit tiroid, obesitas, mengonsumsi pil KB, atau PCOS.

  1. Melihat warna darah

Pada kasus menstruasi yang normal, biasanya darah yang keluar berwarna merah terang. Meski begitu, tingkat kecerahan warna merah ini dipengaruhi oleh volume dan juga kekentalan darah. Di hari pertama dan kedua biasanya darah akan berwarna merah terang karena masih segar, sedangkan menjelang waktu akhir akan berubah menjadi agak kecokelatan.

  1. Terjadi keputihan

Normalnya, ketika masa menstruasi, wanita akan mengalami keputihan yang terjadi beberapa hari sebelum keluarnya darah. Keputihan ini terjadi karena diproduksi leher rahim dan biasanya terjadi saat masa subur. Warna cairan pada umumnya akan berwarna putih bening dengan tekstur yang lengket serta tidak berbau.

Persiapan Saat Menstruasi

Cara terbaik untuk mempersiapkan menstruasi adalah dengan menggunakan pembalut. Ada banyak produk pembalut yang bisa dipakai, salah satu yang cukup direkomendasikan adalah Charm. Dengan pembalut yang tepat, para wanita tidak perlu khawatir beraktivitas di saat menstruasi datang.

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai masa menstruasi yang normal. Bisa dikatakan kasus ini normal dialami oleh setiap wanita. Akan tetapi, jika ada tanda-tanda penyimpangan dari ciri-ciri di atas, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Related Posts