6 Tips Memilih Susu yang Bagus untuk Anak

6 Tips Memilih Susu yang Bagus untuk Anak

Susu formula bisa diberikan sesuai kebutuhan anak. Bagi yang ASI barangkali bisa diselingi pemberiannya saat sudah melewati ASI eksklusif di usia 6 bulan ke atas. Bisa juga dimulai setelah usia 1 tahun. Berikut tips memilih susu yang bagus untuk anak.

1.   Pilih Jenis Protein pada Susu

Pilih jenis protein pada susu yang terbaik yang terdiri dari protein whey dan casein. Di mana komposisinya terdiri dari whey yang jumlahnya harus lebih tinggi daripada kasein Perbandingannya yaitu sekitar 60:40. Susu untuk di bawah usia 1 tahun memilih susu yang proteinnya jenis whey karena protein ini lebih mudah dicerna.

2.   Sesuaikan dengan Usia

Tips berikutnya adalah teliti memilih susu sesuai usianya karena tiap usia ada perbedaan komposisi pada susu formulanya. Di mana perbedaannya salah satunya ada pada komposisi vitamin dan mineral.  Anda bisa melihat di bagian kemasan usia yang cocok untuk susunya.

3.   Lihat Kandungan Susu

Nutrisi utama di dalam susu formula adalah protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Namun, ada baiknya memilih susu dengan kandungan yang bagus untuk tumbuh kembang anak yaitu asam arakidonat (ARA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Kandungan yang masuk kategori asam lemak tak jenuh dengan manfaat yang bagus untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan mata terutama pada usia di bawah 2 tahun.

4.   Ada Prebiotik

Disarankan memilih susu yang ada kandungan prebiotik yang ada di dalam fruto-oligosaccharides (FOS) dan galacto-oligosaccharides (GOS). Prebiotik bermanfaat untuk mendorong perkembangan bakteri baik di sistem pencernaan dan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuhnya.

5.   Varian Rasa

Tips selanjutnya memilih susu untuk anak adalah varian rasa yang disukai. Ada vanila, madu, cokelat, atau strawberry. Pilihlah rasa yang cocok dengan anak. Setiap brand memiliki rasa susu yang berbeda-beda variannya.

Cara mencari susu dengan rasa yang disukai anak ialah beli dulu yang kemasan kecil, setelah itu kalau anak suka bisa selanjutnya membeli yang kemasan lebih besar. Susu yang enak rasanya tentu tidak akan ditolak anak dan lebih mudah untuk Anda memberikannya apa lagi saat anak mulai belajar disapih.

6.   Susu Kedelai

Jika anak Anda alergi dengan susu sapi, bisa beralih dengan memilih susu kedelai. Susu ini cocok untuk anak yang sensitif dengan susu sapi. Anda bisa mengetahuinya ketika anak sering kembung setelah minum susu atau pun mengalami ruam. Jenis susu kedelai juga bisa disesuaikan dengan usia anak, lihat di bagian komposisinya apakah kandungannya memiliki nutrisi yang bagus.

Tips memilih susu yang bagus untuk anak bisa Anda terapkan dengan mudah yang penting teliti. Jangan tergesa-gesa untuk memilih susu yang cocok buat anak. Kesesuaian susu dengan anak tentunya tak selalu dipengaruhi oleh harga susu yang mahal.

Related Posts